MARCH

Model Uji March XS
Harga Rp 183.550.000
* Tenaga 76 hp
* Torsi 103 Nm
* 0-100 kpj 16,1 detik
* Konsumsi BBM 11,7 kpl (dalam kota), 14,3 kpl (luar kota)
* 60–0 kpj 2,4 detik, 16,9 (m)

Kami suka :
Pengendalian, kekokohan suspensi, sistem rem
Kami tidak suka : Kesenyapan kabin, jok tipis

PT NMI (Nissan Motor Indonesia) ATPM Nissan, memperkenalkan March kepada publik di event Indonesia International Motor Show (IIMS 2010). Kala itu, March berwarna putih sukses menarik perhatian. Tiga bulan kemudian, tepatnya November 2010, March secara resmi dirilis. Hadir dengan empat varian: manual, otomatis, XS, dan versi NISMO (Nissan Motor Sport), mobil perkotaan ini langsung memikat publik. Selain bentuknya yang menarik, March juga digadang-gadang sebagai kendaaran yang irit BBM dan berbanderol kompetitif. Sejauh mana kualitas dan keekonomisan mobil ini?

DESAIN & REKAYASA

Mobil mungil ini berusaha tampil atraktif dengan desain membulat. Sekilas, tampak bagai gabungan tiga jenis mobil. Bagian depan mengingatkan kita pada Mini Cooper, bagian pilar A,B, dan C menyerupai VW New Beetle, serta bagian buritan --khususnya bentuk pintu-- mengingatkan pada Daewoo Matiz. Jika diperhatikan lebih dekat, atap March memiliki ceruk sabit seperti bumerang. Menurut Nissan, cara ini dipercaya efektif memangkas hambatan udara.

Keunikan desain juga ditonjolkan dari bentuk 'u-shape' di bagian haluan. Kombinasi grille dan lubang bumper, membuat mobil ini tampak tersenyum. Di balik bonetnya itu, tersimpan mesin 3-silinder, suatu konfigurasi yang kembali jadi trend di kelas city car. Jantung mekanis kecil ini dikencani teknologi pengaturan katup CVTC (continuously variable-valve timing control), dengan mekanisme secara hidraulis, untuk mengendalikan sudut kerja pada katup sesuai input dari ECM (electronis control module). 

Sementara itu, dari segi dimensi, dengan panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.525, serta wheelbase 2.440, artinya March lebih panjang 55 mm secara keseluruhan dan lebih panjang 80 mm jarak sumbu rodanya ketimbanag rival terdekatnya, Suzuki Splash. Sedangkan dari lebarnya, March lebih sempit 15 mm dan lebih rendah 93 mm dari Splash. 

Versi XS yang kami uji, dibekali transmisi otomatis 4-speed. Menurut data, transmisi ini memiliki rasio gear 1st 2,861, 2nd 1,562, 3rd 1,0 dan 4th 0,697, mundur 2,31, dan rasio akhir 4,352. Dengan selisih gear yang tidak terlalu jauh, terlihat transmisi ini cukup mumpuni untuk situasi perkotaan yang menuntut mobil bergerak 'stop and go' secara lincah. Pergerakan lincah ini didukung suspensi depan MacPherson strut, pegas spiral dan stabilizer. Sedangkan bagian belakang torsion beam plus stabilizer.

INTERIOR
Nissan merancang kabin March dengan konsep 'bubble'. Artinya, nuansa lengkung mendominasi bentuk dan ornamen kabin. Lengkung paling mencolok terlihat pada bentuk plafon. Saat berada di dalam kabin, desain ini sanggup menyuguhkan nuansa lega. Head room yang melengkung ini pula, yang membuat pengendara dan penumpang serasa berada di dalam kubah mini.

Kurva lengkung juga mudah ditemui pada doortrim. Hal ini berbeda dengan mobil sekelasnya yang rata-rata memiliki doortrim cembung. Tak ayal, efek lebar juga terasa, meski interior dominan kelir hitam dan abu-abu gelap. Sayangnya, desain 'bubble' terasa berlebihan dan kurang fungsional di dashboard. Fascia tengah, yang berbentuk bulat dan tombol-tombol lainnya, membuat mobil terlalu “genit”. Tidak hanya itu, LCD berwarna oranye dipadu warna silver kian menegaskan kegenitanya.

Terlepas dari nuansa tersebut, toh ruang kaki memiliki dimensi cukup besar. 
Angka pengukuran mencatat bahwa dalam keadaan maximum-minimum, 
March memiliki : Leg Room 710 mm dan 480 mm. Sedangkan Splash berkisar di 630 mm-440 mm. Adapun head room, tercatat 990 mm (max) dan 940 mm (min), mengingat March punya pengatur ketinggian kurni, dan Splash mencatat 98 mm head room, tanpa pengaturan ketinggian. March juga unggul perihal volume kabin. Tercatat dalam keadaan jok belakang tegak, bagasinya bervolume 251 liter dibanding Splash yang 213 liter.

Nissan menghiasi ornamen plastik dashboard dengan motif kulit jeruk. Walhasil, langkah ini efektif mereduksi silau dan pantulan balik dasboard ke kaca depan. Selain itu, motif ini juga menimbulkan kesan 'leather look'.

PERFORMA
Jangan menganggap remeh mesin 3-silinder berkode HR12DE yang tersemat di balik kap March. Kami tak mendapati getaran mesin yang berlebihan yang umumnya dikhawatirkan dari konfigurasi tiga silinder. Nyatanya, Nissan merancang karet dudukan mesin dengan sangat baik.

Tenaga 76 hp dan torsi 103 Nm bisa dipanen dari mesin bensin bervolume 1.198 cc ini. Dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-speed, depot daya itu terbilang memadai mengusung March yang berbobot 925 kg untuk bergerak lincah jalanan kota. Pindahkan tuas ke posisi 2, dan Anda bisa rasakan torsi yang agresif saat pedal akselerator dipijak cepat. Terlebih, saat tachometer menyentuh 4.000 rpm. Bagi yang gemar bergerak agresif atau saat mobil berada di tanjakan yang menikung, sepertinya gear dua March cocok digunakan. Sementara bila tuas di posisi 'D', akselerasi March menjadi sangat santun ketika pedal akselerator dipijak.

March sepertinya harus diperlakukan lembut agar bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang menggembirakan. Kami mendapati konsumsi bahan bakar dalam kota 11,7 kpl, kombinasi 12,4 kpl, dan luar kota 14,3 kpl. PT NMI mempromosikan March bisa membukukan 21 kpl. Hal ini bisa saja diperoleh, sejauh didukung kondisi-kondisi yang memungkinkannya bisa tercapai.

Perpindahan transmisi otomatis March cukup halus dan sanggup mendistribusikan daya dengan baik. Jarum speedometer bisa menyentuh angka 160 kpj (148,4 kpj pada alat ukur kami), sebuah kecepatan yang tinggi bagi sebuah city car. Catatan waktu terbaik 0-100 kpj adalah 16,1 detik dan melesat 402 meter dalam 21,7 detik dengan kecepatan 107,3 kpj.

PENGENDALIAN & PENGENDARAAN
Dengan bobot yang ringan, March memberi pengendaraan yang cukup baik. Gejala melayang ataupun limbung mampu direduksi dengan baik. Hal ini dicapai berkat konstruksi suspensi yang cukup kokoh, mengingat mobil berbagi platform dengan saudaranya yang berbodi lebih besar.

Fitrahnya sebagai mobil perkotaan kian lengkap, manakala lingkar kemudinya sangat ringan berkat teknologi EPS (electronic power steering). Arah mobil juga terbilang presisi saat setir ditekuk. Menyuguhkan radius putar 4,5 meter (lebih kecil dari rival terdekatnya, Splash, dengan radius putar 4,7 m) menjadikan March tak menemui masalah saat bermanuver di parkiran yang terbatas.

Posisi mengemudi dan ergonomi kemudi juga terbilang baik berkat adanya setelan ketinggian jok. 
Meski Nissan March belum dibekali 'anti-roll bar', tapi toh sajian suspensi McPherson di bagian depan dan torsion beam di belakang sangat pas ketika dipakai harian menjelajahi belantara kota. Ground clearance setinggi 141 mm masih aman melibas permukaan jalanan yang rusak.

Berkendara secara agresif di atas March cukup menyenangkan untuk sebuah mesin 3-silinder. Paling menenangkan adalah sistem peranti deselerasi yang belum dijumpai di mobil lain sekelasnya, yakni terintegrasinya ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic brakeforce distribution), dan BA (brake assist). Untuk menghentikan laju March di lintasan aspal kering secara tiba-tiba (60-0 kpj), dengan ban berprofil 175/60/R15, perlu jarak 16,9 meter dengan waktu 2,4 detik. Cukup menenangkan.

MEMBELI & MEMILIKI
PT NMI memasarkan March untuk mengaet kaum muda yang dinamis. Menurut Takayuki Kimura, Presdir PT NMI, kaum muda yang menginginkan kegesitan dan kelincahan, sesuai dengan karakter pengendaraan March. Selain itu, tentu saja March juga menawarkan biaya perawatan yang rendah, serta banderol yang kompetitif.

Mobil ini ditawarkan dalam empat pilihan:


Manual (MT) dengan harga Rp 163 juta

Otomatis (AT) Rp 173 juta
XS-AT seharga Rp 183 juta
Autech – AT Rp.185 juta
*Adapun pilihan warnanya, hitam, perak, abu-abu, dan oranye.

Selain menawarkan garansi 3 tahun atau 100 km (mana yang tercapai lebih dahulu), Nissan juga menyediakan paket asuransi dan road assistance bagi pemilik March. Untuk mereka yang hobi memodifikasi mobil juga tersedia aksesorinya. Pilihanya beragam, mulai dari bumper depan hingga bumper belakang.

UNDER THE SKIN
Menyelaraskan proyek berorientasi lingkungan 'Nissan Green Project 2010' (NGP 2010), manufaktur ini berencana mereduksi jejak karbon dari mobil yang mereka ciptakan. March adalah proyek untuk kelas city car. Mesin HR12DE dengan kapasitas 1.198 cc, memiliki diamater 78 mm dan langkah 83,6 mm dengan konfigurasi 3-silinder (tambah satu silinder dengan bore-stroke yang sama), maka Anda akan mendapatkan mesin HR16DE (1,6 liter) yang digunakan pada March/Micra di Eropa.

Insinyur Nissan juga sukses memangkas NVH (noise vibration harness), terlebih saat idle (langsam) di mana mesin silinder ganjil identik dengan getaran tinggi. Caranya, dengan mendesain ulang blok mesin yang dipabrikasi dengan metode 'bore circularity'. Dengan begitu, friksi dalam komponen mesin berkurang hingga 20%, bahkan dibanding mesin 4-silinder.

Pemangkasan getaran ini bertujuan memaksimalkan output, menaikkan efisiensi BBM dan umur mesin. Oh iya, ditilik dari rasio stroke dan bore, secara konstruksi mesin ini termasuk 'oversquare'. Artinya, komponen mesin dapat “dikloning” dengan mesin yang lebih besar selama serinya sama (HR series). Sehingga tak heran jika March juga hadir dalam versi supercharger dengan mesin standar.

PENILAIAN AUTOCAR
Masuknya Nissan ke segmen hatchback dengan harga kompetitif ini menambah variasi produk Nissan untuk memperluas pasar di Indonesia. Dirakit secara lokal (CKD) sehingga menjadikan Indonesia negara kelima setelah Thailand, Cina, India, dan Meksiko yang memproduksi March, PT NMI mengharapkan city car ini terjual 10.000 unit per tahun.

March secara postioning March berada di segment city car. Namun secara dimensional, fungsi dan Harga mobil ini bersaing dengan Honda Jazz RS dan Toyota Yaris. Dua pemain yang sama-sama kuat.

Harga Nissan MARCH

Apabila Bapak/Ibu ingin mengetahui lebih jelas tentang Produk Nissan / Harga dan simulasi Cash / Credit danPromo. Bapak/Ibu dapat menghubungi kami pada Line yang tersedia :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar